Advertisement 728x90

Kamis, 21 Agustus 2014

Mengembangbiakan Philodendron

Tanaman hias yang baik sangat ditentukan oleh bibit yang ditanam, bibit yang baik tentu akan menghasilkan tanaman yang baik, demikian juga sebaliknya. Apabila anda mendapatkan bibit yang baik, tentunya sangat menguntungkan anda, karena disamping anda mendapatkan tumbuhan sehat anda juga tidak terlalu disulitkan dalam merawat bunga itu nantinya. Bibit yang baik biasanya dihasilkan dari cara pengembangbiakan yang baik pula, dengan cara pengembangbiakkan yang benar. Demikian pula dengan philodendron, untuk mendapatkan hasil yang baik perlu dipahami cara perbanyakan yang baik dan benar. Pada dasarnya pengembangbiakkan philodendron dapat dilakukan dengan beberapa cara, dan cara yang paling sering dilakukan oleh para peng-hobby tanaman adalah pengembangbiakkan secara vegetatif.


Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh peng-hobby tanaman hias dalam memperbanyak atau mengembangbiakan philodendron secara vegetatif.

Stek batang atas

Dilakukan dengan memotong batang atas, caranya : Pilih bagian batang yang akan dijadikan bahan stek, potong batang philodendron, olesi potongan philo bagian atas dengan fungisida. kemudian tanam kedalam media tanam baru. Media tanam untuk stek batang ini, merupakan campuran dari sekam bakar, pakis cacah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1 sterilkan media tanam ini agar terbebas dari hama dan penyakit .
Kemudian letakkan tanaman baru ini di tempat yang teduh.
Selanjutnya, batang bawah bekas potongan yang tersisa, perlu juga diolesi fungisida, biasanya ± 2 minggu kemudian akan tumbuh tunas baru.
Sekarang anda memiliki 2 philodendron, anda tinggal merawat bunga ini sampai tumbuh normal sebagai bunga baru.


Stek batang bawah

Philo yang batang bawahnya sudah memanjang, dapat digunakan untuk bahan stek batang bawah, caranya dengan memotong-motong batang tersebut, upayakan setiap potong terdapat mata tunas, rendam potongan batang tersebut dalam larutan fungisida selama lebih kurang setengah jam, kemudian tanam ke dalam pot-pot kecil yang sudah berisi media, letakkan di tempat teduh. beberapa minggu kemudian akal muncul tunas baru.


Memisahkan anakan

Cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan dalam memperbanyak philodendron adalah dengan memisahkan anakan, tetapi sayangnya tidak semua jenis philodendron tumbuh merumpun. Ada beberapa jenis philodendron yang tumbuh tunggal sehingga tidak memiliki anakan yang bisa dipisahkan.
Apabila anda menemukan philodendron anda tumbuh anakan dan anda ingin memisahkannya, maka anda perlu menunggu sampai anakan itu memiliki setidaknya 5 helai daun, dan perakaran sudah cukup.
Cara memisahkannya adalah dengan memotong bagian pangkal batang anakan, upayakan agar akar-akar yang masih muda jangan sampai putus. Kemudian oleskan fungisida pada luka bekas potongan. Tanam anakan philodendron yang baru dipasahkan tadi di media baru, dan letakkan di tempat yang teduh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar